A. PENTINGNYA
PERALATAN DAN MESIN-MESIN KANTOR
Dalam mengikuti
perkembangan teknologi yang semakin pesat, menuntut manusia untuk bertindak
semakin cepat dengan memperhatikan efisiensi di segala bidang. Untuk menghadapi
perkembangan tersebut diperlukan kesiapan manusia dan kelangkapan sarananya. Oleh
karena itu diperlukan pengetahuan dan kemampuan dalam malakukan prosedur
pengadaan peralatan dan mesin-mesin kantor.
B. PENGADAAN
PERALATAN DAN MESIN-MESIN KANTOR
Menurut Drs.
Moekijat, pengadaan peralatan dan mesin-mesin kantor perlu diperhatikan hal-hal
berikut:
- Mesin yang akan dipakai harus benar-benar diperlukan
- Jenis mesin hendaknya praktis
- Mesin tersebut dapat mengurangi biaya pelaksanaan pekerjaan
- Mesin dapat mempercepat selesainya pekerjaan
- Mutu mesin harus benar-benar baik.
- Mesin dapat mengurangi kesulitan pekerjaan
- Mesin dapat diperlukan untuk bermacam-macam pekerjaan
- Pemeliharaan mesin dapat dilakukan dengan mudah
- Pelatihan untuk menggunakan mesin tersebut dapat dilaksanakan dengan mudah
- Mesin dapat disesuaikan dengan mutu pegawai
- Mesin harus cocok dengan pekerjaan yang kan dilakukan
- Apakah ada ruang kantor untuk mesin tersebut?
C. FAKTOR-FAKTOR
UNTUK PENGADAAN PERALATAN DAN MESIN-MESIN KANTOR
- Pekerjaan dan cara menyelesaikannya
- Kebutuhan pegawai perseorangan
- Penghemat jumlah dan nilai waktu seluruhnya
- Fleksibilitas penggunaannya
- Harga dan penanaman modal
- Kemampuan kesatuan
- Nilai keindahan
- Preferensi pegawai
- Pengaruh terhadap syarat-syarat pegawai
- Ramalan mengenai beban pekerjaan
- Kualitas pekerjaan tata usaha
- Keperluan untuk salinan-salinan dan data statistik.
D. PERABOTAN KANTOR
Perabot kantor adalah benda-benda kantor yang pada umumnya terbuat dari kayu yang dipergunakan untuk melaksanakan tugas tata usaha.
Perabot kantor adalah benda-benda kantor yang pada umumnya terbuat dari kayu yang dipergunakan untuk melaksanakan tugas tata usaha.
Perabot kantor
yang paling utama untuk menunjang pelaksanaan pekerjaan kantor adalah
- Meja tulis, meja mesin tik, dan computer
- Kursi
- Lemari yang dapat dikunci
- Rak buku arsip
- Box, peti kayu
Syarat-syarat
perabot kantor, menurut The Liang Gie
- Dari permukaan meja sampai lantai tidak seluruhnya tertutup.
- Permukaan meja tidak berkilat-kilat agar supaya tidak menyilaukan mata para pegawai yang memakainya.
- Luas meja tidak perlu terlampau berlebihan.
Perabot kantor
tempelan adalah perabot kantor yang melekat (menjadi satu) dengan bangunan
lain dalam kantor
Contohnya
:
- Hiasan atau lukisan dinding
- Bunga – bunga
- Akuarium
- Lampu hias
- Kolam
- Taman
Perabotan yang baik
menghemat gerak pegawai, membantu pengawasan pegawai, dan menambah kesehatan
dan efisiensi pegawai. Faktor-faktor yang perlu diperhatikan bila membeli
perabotan kantor adalah:
- Harus menghemat ruang lantai
- Tinggi meja dan kursi harus sepadan
- Tidak begitu berat, agar mudah dipindahkan
- Harus ada ruangan yang cukup di bawah meja untuk dibersihkan
- Fungsinya harus berhubungan dengan pekerjaan yang akan dilakukan
- Keawetan perabotan dari logam lebih awet daripada perabotan kayu
- Resiko kebakaran perabotan dari kayu lebih besar daripada perabotan yang terbuat dari logam
berikut gambar perabotan kantor
E. MESIN-MESIN KANTOR DAN PERENCANAAN
Perencanaan manajemen
perkantoran meliputi apa, dimana, dan bagaimana mesin-mesin kantor untuk merumuskan
pekerjaan akan dilakukan. Perencanaan yang efektif perlu mengetahui mesin-mesin
apakah yang tersedia dan apa yang dapat dilakukan dengan mesin-mesin tersebut.
F. KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN MESIN-MESIN KANTOR
Ada keuntungan yang berlainan
dengan adanya mesin-mesin yang berlainan dengan adanya mesin-mesin yang
berlainan dalam kondisi-kondisi yang berlainan:
- Menghemat tenaga kerja
- Menghemat waktu
- Meningkatkan ketelitian dan memperbaiki mutu pekerjaan
- Pekerjaan tampak lebih baik
- Mengurangi rasa bosan dibandingkan dengan metode-metode tertulis
- Mencegah adanya penggelapan
- Mengurangi kelelahan pegawai kantor dan dengan demikian menambah mutu pekerjaan
- Memberikan informasi yang lebih banyak dan lebih cepat
- Mesin tidak dapat menyelesaikan pekerjaan yang memerlukan kecerdasan tinggi
- Tingkat penyusutan beberapa mesin tinggi
- Sulit mendapatkan operator-operator mesin yang terlatih
- Pengaruh terhadap sistem-sistem perkantoran
- Fleksibilitas beberapa metode mesin kurang
- Pegawai lebih mudah dipindahkan daripada mesin-mesin tertentu
- Suara gaduh dalam kantor
- Beberapa mesin harganya sangat mahal
- Kesulitan dalam pemeliharaan dan kerusakan mesin.
Materi dalam bentuk Power Point dapat download disini
Sumber : Farida, Vida Hasna, dkk. 2004. Menggunakan Peralatan Kantor. Bandung: CV Armico
Tidak ada komentar:
Posting Komentar